Pengertian Database dan Manfaatnya

Dibuat oleh : Operator (509 hari yang lalu)

Pengertian DataBase dan Manfaatnya. Pembahasan kali ini akan membahas tentang Apasih yang dimaksud dengan database serta manfaatnya di dalam kehidupan manusia dalam melakukan progam di dalam database.

Yang pertama adalah akan membahas tentang database. Database atau bisa dikenal sebagai dengan istilah basis data adalah sebuah sekumpulan data yang dikelola dengan sedemikian rupa proses data dengan ketentuan tertentu yang saling berkaitan satu sama lain sehingga mampu memudahkan dalam proses pengelolaanya. Dengan lewat pengelolaan itulah bisa menjadi sang pengguna bisa mendaptkan kemudahan dalam mencari sebuah informasi,membuang informasi,maupun menyimpan sebuah informasi. Database memiliki banyak arti atau istilah didalamnya, yaitu sebuah sistem dimana berguna untuk mengumpulkan sebuah file atau data sistem,arsip,atau tabel yang disimpan dan terhubung dalam berbagai media elektronik yang ada.
Database juga merupakan suatu istilah teknologi jaringan komputer yang mempunyai beberapa manfaat berupa penyimpanan di dalam data.

Pembahasan selanjutnya akan membahas tentang beberapa manfaat yang ada di dalam databese tersebut. Ayo kita bahas pembahasannya.

Manfaat Database

Database memiliki beberapa jenis manfaat bagi sang penggunanya. Yak apa saja manfaat ayo kita bahas, simak pembahasannya berikut ini:

1. Kecepatan Dan Kemudahan
Sistem yang dimiliki database memberikan sebuah kemampuan dalam menyeleksi data menjadi satu kelompok secara berurutan dengan cepat dan maksimal.

2. Multi-user
Database akan memberikan sebuah kemudahan untuk mengakses bagi para pengguna pada waktu yang bersamaan. Sistem ini juga akan memungkinkan untuk mengakses di suatu dokumen ke lebih dari satu pengguna.

 

3. Bisa Menjaga Keamanan Data
Sistem database akan melalui bahasa pemogramannya telah disusun secara safety atau aman, dengan melalui langkah-langkah seperti membuat password data yang hanya bisa diakses kepada pihak yang diijinkan.

 

4. Bisa Mudah Dalam Membuat Aplikasi
Dengan memakai struktur database yang telah disusun sebelumnya sudah cukup untuk bisa mengenali sebuah aplikasi input data yang baru, yang bisa memudahkan programmer untuk tidak perlu menyusun ulang struktur database.

 

5. Penghemat Biaya Perangkat 
Hal ini menjadikan perusahaan tidak perlu membutuhkan ruang penyimpanan di tiap tempat yang berbeda, dengan melewati jaringan internet melalui cabang perusahaan di daerah terpencil masih bisa mendapatkan akses data yang ada pada pusat.

Jadi Itu Dia Pembahasan Kali Ini Tentang Database Beserta Pemanfaatannya. BACA JUGA ARTIKEL PEMBAHASAN YANG LAIN/PEMBELAJARAN PELATIHAN YANG LAINNYA.

CONTOH DI SAMPING PELATIHAN INI: Mengenal Framework dan Jenisnya

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda