Pengertian Debit dan Kredit Serta Perbedaannya Dalam Akuntansi

Dibuat oleh : Operator (480 hari yang lalu)

Pengertian Debit dan Kredit Serta Perbedaannya Dalam Akuntansi. Halo semuanya kembali lagi dengan saya di pembahasan yang bermanfaat seputar pendidikan pengusaha atau di dalam perusahaan dan jenis-jenis marketing yang ada di dunia perusahaan. Yakni dikesempatan kali ini saya akan ajak kalian buat mengenal arti dari debit dan kredit serta beberapa perbedaannya di dunia akuntansi, simak pembahasan di bawah sini!!!.

Pengertian Debit

Debit ialah suatu kata yang berasal dari debere dari bahasa latin yang berarti pencatatan akuntansi. Di mana pada suatu dana yang berupa aset serta biaya yang sedang mengalami peningkatan. Debit di dunia akuntansi bisa diartikan sebagai penghubung erat dan saling melengkapi antara debit dan kredit. Jika dalam suatu pencatatan debit akan berada pada sisi sebelah kiri dibagian pencatatan.

Pengertian Kredit

Kredit ini juga berasal dari bahasa latin yakni credere. Pada sebuah akuntansi kredit akan bertugas mencatat akun-akun hutang dan ekuitas yang mengalami peningkatan. Pada dibagian penulisannya kredit ini akan diletakan di bagian atas kanan. dan jika aset atau beban pada suatu posisi kredit berarti memilii arti adanya pengurangan pada akun tersebut.

Perbedaan Kredit dan Debit Dalam Akuntansi

Ada beberapa hal dampak perbedaan antara kredit dan debit yang sebaiknya kalian kethaui dan pahami bersama di dalam artikel ini, dan ini dia beberapa isinya:

* Debit akan mengacu pada sisi kiri akun yang besar, sementara itu kredit yang ada disisi kanan akun buku besar. Di dalam suatu rekening penerima akan tercatat dalam akun debut ataupun sebaliknya yakni pembei dalam akun kredit. 
* Pada semua transaksi keuangan yang masuk maka dalam akun debit pada neraca. Sedangkan di transaksi apa pun yang keluar maka dicatat dalam akun kredit 
* Pada suatu laporan laba yang sedang rugi semua pengerluaran dan kegurigian besar akan dicatat dalam debit, namun berbeda dengan kredit akan ditulis pendapatannya di daalam suatu kredit. 
* Dari peningkatan umumnya, debit ini disebabkan oleh kenaikan cash,, inventaris, mesin, perlengkapan, tanah, dan masih banyak lagi. Sementara itu peningkatan kredit yang bermula karena adanya kenaikan pada dana pemegang saham, biaya, laba ditahan, serta masih banyak lagi.

JADI ITU DIE MENGENAI PENGERTIAN SERTA BEBERAPA PERBEDAAN DIANATARA DEBIT DAN KREDIT. SEKIAN DARI SAYA TERIMAKASIH SEMOGA KALIAN SE;;A;U BERUNTUNG.

BACA PEMBAHASAN: 5 Alasan Pentingnya Team Work

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda