Keunikan Tari Zapin dari Aceh

Dibuat oleh : Operator (416 hari yang lalu)

Keunikan Tari Zapin dari Aceh

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan budaya. Hampir pada setiap daerah di Indonesia mempunyai budaya yang khas juga unik. Kebudayaan tersebut telah ada sejak jaman dahulu, turun-temurun sampai saat ini. Salah satunya yang sering kita lihat hingga saat ini yaitu seni tari, dengan ciri khas pada setiap daerahnya masing-masing. Mulai dari gerakannya, kostum, aksesoris, iringan, makeup, dan banyak lagi. Seperti Tari Zapin yang berasal dari Aceh dengan keunikan yang tidak dipunyai oleh daerah lainnya. Apa sajakah keunikan tari Zapin dari Aceh?

Kata Zapin ini berasal dari bahasa Arab Zafn, yang artinya pergerakan kaki cepat. Selain cepat, gerakan kaki ini juga mengikuti hentakan irama. Tarian ini merupakan sebuah akulturasi dari dua kebudayaan, yakni budaya Arab serta budaya Melayu. Akulturasi tersebut terjadi dikarenakan banyaknya orang yang berasal dari wilayah Arab tinggal di Aceh, Indonesia.

Keunikan Tari Zapin dari Aceh

Pada awalnya, di tahun 1919, tarian tersebut hanya dilakukan dengan khusus untuk masyarakat yang ada di lingkungan istana. Pada saat itu, di masa Kesultanan Yaman di Timur Tengah. Seiring dengan berjalannya waktu, pedagang rempah dari Arab yang setelah itu masuk ke Riau juga Sumatera. Di sini, tari Zapin digunakan masyarakat sebagai media dakwah. Hal tersebut tergambar dari syair-syair lirik yang dinyanyikan saat pertunjukan tari Zapin.

Gerakan tari Zapin ini disebut mengambil dari kegiatan keseharian yang dilakukan oleh manusia. Gerakan tarian ini juga dilakukan secara berulang, berirama dan juga terlihat sederhana tetapi penuh makna. Gerakan tarinya yaitu gerak tahtor satu, gerak tahto dua, gerak tahto tiga, gerak bebas, gerak shut, gerak siku keluang, gerak titik batang. Tari Zapin ini umumnya digunakan sebagai iringan musik qasdah dan gambus.

Tari Zapin dimainkan dengan cara berpasangan serta dipertunjukkan di berbagai acara serta hiburan masyarakat. Alat pengiring pada tarian ini diantaranya yaitu alat musik petik gambus serta tiga alat musik tabuh gendang kecil yang disebut dengan marwas. Tari zapin adalah tari tradisional yang begitu unik serta populer di Riau. Tetapi, tari zapin juga dapat dijumpai di pesisir Kalimantan, Malaysia, serta bahkan juga Brunei Darussalam.

Baca juga Tips Belajar Saat Berpuasa

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda