5 Cara Mengatasi Deskriminasi di Tempat Kerja

Dibuat oleh : Operator (417 hari yang lalu)

Deskriminasi merupakan suatu tindak perilaku membedakan, menolak / membatasi perlakuan yang ditujukan pada seseorang atau sebuah kelompok. Hal ini juga sering terjadi di berbagai tempat salah satunya di tempat kerja. Nah kalian perlu tahu apa saja cara untuk mengatasinya.

Berikut ini beberapa cara mengatasinya :

Simpan bukti 
Bila kalian melihat / mengalami diskriminasi secara langsung di tempat kerja, cara pertama yang bisa kalian laksanakan buat mengatasinya ialah menyimpan seluruh perilaku diskriminasi yang telah didapatkan. Simpanlah bukti-bukti perilaku diskriminasi itu sebanyak yang dapat kalian peroleh.

Diskusikan dengan saksi mata yang ada
Terkadang, bukan cuma kalian yang mengalami / menyaksikan perilaku diskriminasi itu. Rekan-rekan kerja yang lain pun mungkin menyaksikan / bahkan mengalami hal yang sama. Bila hal itu terjadi, kalian dapat mendiskusikan dengan rekan-rekan kerjamu itu mengenai langkah apa yang sepatutnya ditempuh buat mengatasi perilaku diskriminasi tersebut.

Laporkan pada atasan
Orang pertama yang dapat kalian beri tau jika kalian melihat / mengalami diskriminasi ialah atasanmu sendiri. Terutama jika perilaku diskriminasi itu dilaksanakan oleh rekan kerja. Sampaikan secara pribadi kepada atasan bila kalian mempunyai bukti yang kuat adanya diskriminasi.

Laporkan kepada pihak HR
Pihak kedua yang dapat kamu hubungi saat mengalami / melihat diskriminasi di tempat kerja ialah bagian HR. Hal tersebut disebabkan penyelesaian berbagai masalah yang berhubungan dengan perusahaan dan juga karyawan yaitu bagian dari tanggung jawab HR di kantor.

Laporkan sesuai dengan aturan dari perusahaan
Tiap perusahaan biasanya sudah mempunyai berbagai aturan tersendiri yang mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan perusahaan. Termasuk perihal pelaporan tindak perilaku diskriminasi. Maka dari itu, pahamilah bagaimana aturan perusahaan dalam mengatasi tindak perilaku diskriminasi.

Baca juga : Ketahuilah Pengertian Teater Musikal 

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda