Pengertian dari Bullying

Dibuat oleh : Operator (451 hari yang lalu)

Pengertian dari Bullying

Bullying adalah salah satu tindakan yang tidak terpuji dan sangat merugikan korbannya bahkan sampai mempengaruhi kesehatan psikisnya. Paling parahnya kasus bullying juga kerap ditemukan di sekolah.

Salah satu yang menjadi contohnya adalah dengan menjauhi atau mengucilkan teman di sekolah. Dengan melakukan hal tersebut teman yang telah kamu jauhi akan merasa sedih, tertekan, serta membuatnya merasa tidak nyaman berada disekitar sekolah.

Penting untuk diketahui bahwa anak yang menjadi korban bullying ini mendapatkan perlindungan Undang-Undang. Kamu dapat terancam pidana jika sampai melakukan pembuktian tersebut. Simak pengertian lebih lanjutnya.

Bullying ini berasal dari bahasa Inggris, bull yang memiliki arti banteng. Secara etimologi bullying artinya sebagai penggertak, seseorang yang mengganggu seseorang yang lemah.

Di dalam bahasa Indonesia, bullying disebut sebagai menyakat yang dimana artinya yaitu mengusik (agar menjadi takut, menangis, dan hal lainnya), merusak secara verbal. Di sisi lain, mengutip hasil ratas pembullyan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), pembullyan juga dikenal dengan penindasan.

Pembullyan adalah segala bentuk penindasan ataupun kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh individu ataupun sekelompok orang yang lebih kuat atau merasa yang berkuasa terhadap orang lain, yang memiliki tujuan untuk menyakiti serta melakukannya secara terus menerus.

Menurut dari Unicef, bullying bisa diidentifikasi melalui tiga karakteristik diantaranya yaitu disengaja untuk menyakiti, terjadi dengan berulangkali, dan ada juga perbedaan kekuasaan. Pembullyan ini juga bisa terjadi secara langsung ataupun online seperti memberikan komentar yang tidak seharusnya atau memposting sesuatu yang bersangkutan dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dari bullying yang perlu kalian ketahui. Pembullyan sangatlah tidak patut untuk dicontoh karena sangat merugikan korbannya. Bahkan jika sampai menggunakan fisik atau sampai mengenai mentalnya akan sangat berakibat fatal.

Kalian tidak tahu jika apa yang telah kalian lakukan akan sangat mempengaruhi kehidupannya, apa yang telah dia lalui itu bisa jadi yang akan menjadi penyebab mereka melakukan hal yang lebih dari apa yang kalian lakukan padanya.

Baca juga Pentingnya Belajar Bahasa Asing

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda