Kenali Keseluruhan Metode Manuscript, Kelebihan dan Kekurangannya

Dibuat oleh : Operator (451 hari yang lalu)

Kenali Keseluruhan Metode Manuscript, Kelebihan dan Kekurangannya. Haloo sobat, langsung kepada pembahasannya saja yaaa. Ok lah simak dibawah sini yaa!!!

Manuscript/ Bernaskah

Metode manuscript ialah kebalikan dari metode impromtu, yang dimana metode bernaskah atau yang dilakukan dengan cara membaca sebuah naskah yang sudah disiapkan oleh sang pembaca. Pada pembacaan metode ini biasanya akan digunakan oleh para pejebat tinggi negara dan memberi sambutan pada di acara resmi atau formal. Metode ini hanya dilakukan untuk berupaya menghindari terjadinya kesalahan karena setiap kata yang diucapkan dalam acara resmi akan menjadi suatu figur dimana akan dipandang oleh masyarakat luas disana dan akan dikutip oleh media massa di luar sana.

Kelebihan dari metode ini ialah, sebelum berbicara di depan umum kita dapat memilih kata dengan sebaik-baiknya atau dengan matang untuk ditulis, dan mampu untuk menghemat pernyataan, serta dapat memperlancar dalam ingin berbicara, tak hanya itu metode ini juga bisa dapat menghidari hal-hal yang menyimpang dari naskah.

Kelemahan dari metode yang satu ini antara lain: dapat menguranginya interaksi dengan antar pendengar di luar panggung, pembicara juga akan terlihat seperti kaku, mempersiapkan proses yang terlalu lama, serta tenggapan sang pendengar akan terlihat sukar untuk mempengaruhi pesan.

BACA PENGETAHUAN LAINNYA: Kelebihan dan Kekurangan Metode Public Speaking Improptu Style

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda