Cari Tahu Yuk !! Kelebihan Topologi Star

Dibuat oleh : Operator (485 hari yang lalu)

Topologi ini merupakan salah satu topologi yang sering kalian pelajari terutama di SMK tepatnya di jurusan jaringan. Tahukah kalian ada beberapa kelebihan dari topologi ini. Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

Berikut ini beberapa kelebihannya :

Topologi bisa dipakai di banyak server komputer 
Kelebihan utama penggunaan topologi ini ialah mudahnya menambah komputer baru padajaringan. Dengan memakai topologi ini, mengelola server dan juga sejumlah besar komputer client bisa dilaksanakan.  Untuk penggunaan komputer di indoor yang bisa mencapai 30 sampai 50 unit, akses data antarkomputer tersebut masih dapat ditangani oleh jaringan topologi ini.

Pemeliharaan sangat ringan
Pemeliharaan lebih mudah / lebih ringan dilaksanakan, yakni cuma butuh mengamati status server, switch / hub komputer dengan suatu kabel yang menghubung switch / hub dengan komputer. Bila salah satu komputer si pengguna rusak dalam jaringan, cukup saja melihat kondisi kabel yang rusak tanpa melihat seluruh kabel satu per satu. Hal tersebut akan membuat maintenance jadi lebih ringan.

Kecepatan transfer yang sangat besar dalam jaringan komputer
Dengan memakai topologi star dalam jaringan komputer, seluruh server komputer / si pengguna yang terhubung akan memperoleh kecepatan dan juga transfer data yang sama. Ini akan meningkatkan efisiensi si penggunaan jaringan.

Bisa memakai berbagai jenis kabel
Topologi star begitu kompatibel dengan beberapa jenis kabel pada sebuah jaringan komputer.

Memudahkan dalam pengembangan
Jaringan komputer yang memakai topologi ini mudah dikembangkan. Bila ingin menambah jumlah si pengguna dan juga komputer client, pengguna cuma perlu membeli kabel baru dan juga bisa terhubung langsung ke switch / hub yang dipakai sebagai transmisi data pusat di jaringan yang sudah dibuat.

Baca juga : Pengertian dan Manfaatnya Lean Six Sigma

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda