Jenis-jenis Perilaku Kolaborasi Saat Bekerja

Dibuat oleh : Operator (460 hari yang lalu)

Kamu harus punya perilaku ini sebelum memasuki dunia kerja dan ternyata beberapa hal yang penting dan pastinya wajib dimiliki oleh setiap individu. Salah satu contohnya ada perilaku kolaboratif . Untuk kemampuan kolaboratif adalah sebuah praktik kerja yang dimana nanti akan menjadikan kamu sebagai pekerja yang akan melakukan sebuah kerja sama dengan pihak lain untuk mencapai tujuan dan kebutuhan bisnis. Cara kerja dari perilaku kolaboratif yakni dibagi menjadi 2 jenis yaitu synchronous dan asynchronous. Pada synchronous aan mengacu pada praktik kerja dari setiap pekerja yang berinteraksi secara real time dengan contoh rapat online. Untuk asynchronous yakni sebuah proses kerja sama dengan sifat fleksibel.

Jenis perilaku kolaboratif :
1. Internal collaboration yakni dilakukan oleh salah satu individu atau sebuah grup dalam perusahaan yang sama.
2. External collaboration yakni kerjasama yang dilakukan oleh seorang pekerja atau grup yang bekerjasama dengan pihak lain.
3. Team collaboration yakni kerjasama yang dilakukan antara seorang dengan orang lain pada 1 tim.
4. Cross departemental yakni kerjasama dengan departemen perusahaan dengan yang lain.
5. Community collaboration yakni antara individu dengan individu lainnya dengan ketertarikan yang sama.
6. Virtual collaboration yang memanfaatkan aplikasi tertentu untuk melakukan kerjasama dari satu individu dengan seluruh anggota yang berada pada 1 tim meski lokasi berbeda dengan lainnya.
7. Cloud collaboration dengan memanfaatkan software berbasis cloud.
8. Strategic alliance yang dimana kerja sama keduanya berbeda namun dengan tujuan yang sama
9. Network collaboration yakni individu dengan pihak lain untuk tujuan pribadi.

Manfat kolaborasi:
1. Mampu menyelesaikan permasalahan dengan cepat
2. Lebih bisa mengenal diri sendiri
3. Bisa saling belajar antara satu dengan lainnya
4. Produktivitas kerja semakin meningkat
5. Atmosfer pada tempat kerja menjadi lebih positif
6. Lebih memudahkan dalam akses komunikasi.

baca juga: Soft Skill yang harus kalian punya saat bekerja

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda