Sejarah Memperingati Hari Tuli Nasional

Dibuat oleh : Operator (128 hari yang lalu)

Hari Tuli Nasional merupakan hari yang dipersembahkan bagi penyandang tunarungu di Indonesia. Tujuan diperingatinya Hari Yuli Nasional adalah untuk mendukung perjuangan hak dan kesetaraan penyandang tunarungu di Indonesia.

Sejarah

Menurut website Inklusi dan Informasi Disabilitas Indonesia, sejarah Hari Tuna Rungu Nasional diperingati setiap tanggal 11 Januari dan ditetapkan pada Musyawarah Kerja Nasional GERKATIN pada tahun 2017. Pertemuan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 21 hingga 23 September 2017 di Lotus Garden Hotel Kediri.

Pada Musyawarah Kerja Nasional GERKATIN tahun 2017, tanggal 11 Januari ditetapkan sebagai Hari Tuna Rungu Nasional. Hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun organisasi SEKATUBI yang saat itu merupakan organisasi tunarungu pertama di Indonesia yang memperjuangkan kesadaran dan revitalisasi penyandang tunarungu.

Berdasarkan situs GERKATIN, organisasi tuna rungu daerah telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1960. Organisasi-organisasi tersebut antara lain SEKATUBI di Bandung, PTRS (Persatuan Tunarungu Semarang), PERTRI (Persatuan Tunarungu Indonesia) di Yogyakarta, dan PEKATUR (Perkumpulan Tunarungu Surabaya).

Bedanya Hari Tuli Nasional dan Internasional

Tak hanya di Indonesia, Hari Tunarungu juga diperingati secara internasional sebagai Hari Tunarungu Internasional. Lalu apa bedanya Hari Tunarungu Nasional dan Hari Tunarungu Internasional?

Berikut ini beberapa perbedaan Hari Tuli Nasional dan Hari Tuli Internasional:

  • Hari Tunarungu Nasional diperingati tidak hanya di Indonesia namun di seluruh tanah air. Hari Tunarungu Internasional saat ini dirayakan secara internasional dan di seluruh dunia.
  • Hari Tunarungu Nasional diperingati pada tanggal 11 Januari setiap tahunnya. Hari Tunarungu Internasional diperingati pada hari Minggu terakhir setiap bulan September.
  • Sejarah Hari Tunarungu Nasional dimulai pada tahun 2017 dengan berdirinya organisasi tunarungu pertama di Indonesia. Sejarah Hari Tunarungu Internasional dimulai pada tahun 1958 dengan berdirinya Asosiasi Tunarungu Sedunia.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi pos

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda