Sejarah Hari Juang Kartika TNI AD

Dibuat oleh : Operator (155 hari yang lalu)

Hari Juang Kartika TNI AD diperingati pada tanggal 15 Desember setiap tahunnya. Hari Juang Kartika TNI AD merupakan upacara peringatan terkait Peristiwa Paragan Ambarawa dan biasa disebut dengan Hari Infanteri.

Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pertempuran Ambarawa merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Apa yang terjadi dari tanggal 20 November sampai 15 Desember 1945?

Pada saat itu terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang didukung rakyat Indonesia dengan pasukan koalisi Inggris. Ambarawa sempat menjadi kawasan strategis, namun kemudian menjadi sumber konflik.

Jika Ambarawa jatuh ke tangan pasukan koalisi, Yogyakarta dan Surakarta akan menjadi daerah sasaran berikutnya. Pertempuran Ambarawa bermula dari peristiwa di Magelang setelah Brigade Artileri Divisi 23 India mendarat di Semarang.

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 20 Oktober 1945. Mereka memasuki wilayah Indonesia untuk menyelesaikan masalah tawanan perang.

Saat ini tahanan Belanda ditahan di penjara Ambarawa dan Magelang. Namun, ketika pasukan Sekutu Inggris tiba, personel NICA menyusup dan mempersenjatai mantan tawanan perang tersebut.

Pada saat itu, pertempuran telah dimulai antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan pasukan gabungan Sekutu Inggris dan NICA. Demikianlah kisah awal mula peringatan Hari Kartika TNI AD yang tepat diperingati saat ini.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda