Sejarah Memperingati Hari TNI ke-78 Tahun 2023

Dibuat oleh : Operator (226 hari yang lalu)

Tanggal 5 Oktober 2023 diperingati sebagai Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 78. TNI mempunyai peran penting dalam sejarah berdirinya Indonesia

Sejarah

Pada saat-saat kritis Perang Kemerdekaan (1945-1949), TNI tampil sebagai tentara rakyat, tentara revolusioner, dan tentara nasional.

Sebagai kekuatan yang baru lahir, TNI melakukan reorganisasi dengan mengatasi tantangan baik di dalam maupun luar negeri.

Tantangan internal antara lain pemberontakan bersenjata di beberapa daerah, pemberontakan PKI di Madiun, dan Darul Islam (DI) di Jawa Barat yang dapat mengancam integritas nasional.

Sementara tantangan dari luar negeri, TNI sudah dua kali menghadapi agresi militer Belanda, negara yang organisasi dan persenjataannya lebih modern.

Dalam menghadapi agresi Belanda, bangsa Indonesia melaksanakan Perang Rakyat Semesta dimana segenap kekuatan TNI dan masyarakat serta sumber daya nasional dikerahkan untuk menghadapi agresi tersebut.

Dengan demikian, integritas dan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia telah dapat dipertahankan oleh kekuatan TNI bersama rakyat.

Sesuai dengan keputusan Konferensi Meja Bundar (KMB), pada akhir tahun 1949 dibentuk Republik Indonesia Serikat (RIS). Sejalan dengan itu, dibentuk pula Angkatan Perang RIS (APRIS) yang merupakan gabungan TNI dan KNIL dengan TNI sebagai intinya.

Pada bulan Agustus 1950 RIS dibubarkan dan Indonesia kembali ke bentuk Negara kesatuan. APRIS pun berganti nama menjadi Tentara Nasional Indonesia (APRI).

Sistem demokrasi parlementer yang dianut pemerintah pada periode 1950-1959 mempengaruhi kehidupan TNI.

Campur Tangan

Campur tangan berlebihan para politisi terhadap urusan dalam negeri TNI berujung pada peristiwa 17 Oktober 1952 yang berujung pada perpecahan di TNI AD.

Periode demokrasi liberal ini juga ditandai dengan banyaknya pemberontakan internal.

Pada tahun 1950, beberapa mantan anggota KNIL melancarkan pemberontakan di Bandung (Pemberontakan Ratu Adil/APRA), di Makassar pemberontakan Andi Azis, dan di Maluku pemberontakan Partai Republik Southern Moluccas (RMS). saat yang hampir bersamaan, DI TII Jawa Barat memperluas pengaruhnya hingga ke Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Aceh.

Pada tahun 1958, pemerintahan revolusioner Republik Indonesia/Perjuangan Rakyat Semesta (PRRI/Permesta) memimpin pemberontakan di sebagian besar Sumatera dan Sulawesi Utara, sehingga membahayakan integritas nasional.

Segala pemberontakan yang terjadi di Indonesia dapat diredam oleh TNI dengan berkoordinasi dengan kekuatan komponen bangsa lainnya.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda