5 Skill yang Dibutuhkan Didunia Kerja

Dibuat oleh : Operator (276 hari yang lalu)

Komunikasi

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah memperdalam keterampilan komunikasi saat kuliah ketika mengikuti beragam organisasi di dalamnya. Skill ini harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Mengutip Job Street, memiliki keterampilan komunikasi yang baik dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan. Banyak perusahaan mencari kandidat karyawan yang pandai dalam berkomunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal. Untungnya, keterampilan ini dapat kamu pelajari secara autodidak sehingga kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

Teamwork

Selain komunikasi, penting bagi kamu untuk menguasai keterampilan teamwork atau kerja sama tim. Dilansir dari Target Jobs, membangun hubungan kerja yang positif dapat membantu semua orang dalam mencapai tujuan bisnis. Perusahaan juga mencari kandidat karyawan yang dapat bekerja secara fleksibel, baik bekerja secara mandiri ataupun secara tim. Tanpa adanya keterampilan kerja sama, sulit bagi kamu untuk mengikuti arus dunia kerja nantinya. Dengan begitu, pastikan bahwa kamu memiliki skill teamwork yang mumpuni.

Public speaking

Apakah kamu nyaman ketika sedang berbicara di depan umum? Jika tidak, sebaiknya kamu harus mengasahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam dunia kerja. Skill public speaking sangat penting untuk dimiliki oleh seorang fresh graduate. Pasalnya, ketika sudah bekerja, kamu pasti akan berbicara di depan banyak orang, baik ketika rapat besar dengan perusahaan maupun rapat kecil dengan tim. Tidak hanya itu, kamu juga berpeluang untuk mempresentasikan sesuatu kepada klien atau perusahaan lainnya. Oleh karenanya, kamu bisa mengasahnya terlebih dahulu dengan mengikuti kelas online mengenai public speaking ataupun cara lainnya.

Manajemen waktu

Dikutip dari Actuarial Careers, skill manajemen waktu juga penting untuk dimiliki oleh fresh graduate ketika hendak mencari kerja.Dalam bekerja, kamu akan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Biasanya, pekerjaan tersebut tidak hanya satu sehingga kamu harus pintar dalam melakukan manajemen waktu.

Analisis

Sebagai fresh graduate, penting untuk memiliki keterampilan analisis yang baik. Melansir Target Jobs, kemampuan analisis dapat membuatmu bekerja dengan berbagai jenis informasi. Selain itu, kamu juga bisa menganalisis tren menarik yang sedang terjadi sekarang. Dengan kemampuan analisis yang baik, secara tidak langsung kamu ikut andil dalam membantu perkembangan perusahaan.

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda