Memperingati Ulang Tahun ASEAN ke-56, Yuk Simak Sejarahnya

Dibuat oleh : Operator (285 hari yang lalu)

Peringatan ASEAN 2023 akan dirayakan pada 8 Agustus 2023. Tahun ini menandai peringatan 56 tahun berdirinya ASEAN sejak berdirinya Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara pada tahun 1967. Menariknya, HUT ke-56 ASEAN kali ini bertepatan dengan terpilihnya Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Selengkapnya tentang HUT ke-56 ASEAN, simak kisahnya di bawah ini. 

Sejarah berdirinya ASEAN

Terbentuknya ASEAN berawal dari proses rekonsiliasi antara Indonesia, Malaysia dan Filipina melawan kecenderungan persaingan pengaruh ideologis dimana Thailand berperan sebagai penengah. Selanjutnya, keempat negara akhirnya menyadari pentingnya kerjasama dalam kerangka regional. Dalam upaya meningkatkan kerjasama dan memperkuat kawasan, keempat negara tersebut kemudian mengajak Singapura untuk menginisiasi

Tepat pada tanggal 8 Agustus 1967, didirikan di Bangkok, Thailand, setelah perwakilan dari lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura secara resmi menandatangani deklarasi yang dikenal dengan ASEAN.Bangkok Declaration. Secara garis besar, Deklarasi Bangkok memiliki tujuan untuk membentuk yaitu menciptakan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Di antaranya adalah Adam Malik sebagai Menlu RI, Narciso R. Ramos sebagai Menlu Filipina, Thanat Khoman sebagai Menlu Thailand, Tun Abdul Razak sebagai Menhan Malaysia, dan Rajaratnam sebagai Menlu. masalah Singapura.

Kemudian, ada satu lagi dokumen penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembentukan, yaitu Piagam. Piagam ASEAN adalah kerangka hukum dan kelembagaan yang mengikat semua negara anggota. Melalui piagam ini, resmi menjadi organisasi yang berbadan hukum. Saat ini , Indonesia juga meratifikasi Piagam. dalam UU No. 38 Tahun 2008 tentang Pengesahan Piagam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Isi Piagam ASEAN secara umum adalah sebagai berikut,

  1. Tujuan dan Prinsip
  2. Struktur
  3. Hak dan Kewajiban Negara Anggota
  4. Mekanisme pengambilan keputusan dan penyelesaian sengketa
  5. Aturan administrasi dan keuangan. 

Tujuan Terbentuknya ASEAN

Berkaitan dengan Piagam ASEAN yang berisi tujuan, pembentukan ditujukan untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera terutama dalam menjaga situasi mengingat adanya kerawanan konflik yang pernah terjadi sebelum terbentuknya, baik perebutan pengaruh ideologi antarkekuatan militer di negara-negara besar maupun konflik di negara kawasan.

Selain tujuan, ada juga prinsip ASEAN yang perlu kita ketahui, lo.

  1. Saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, keutuhan wilayah, dan identitas nasional semua bangsa;
  2. Hak setiap negara untuk memimpin eksistensi nasionalnya bebas dari campur tangan eksternal, subversi, atau paksaan;
  3. Noninterferensi dalam urusan internal satu sama lain;
  4. Menyelesaikan perbedaan atau perselisihan dengan cara damai;
  5. Menolak ancaman atau penggunaan kekerasan;
  6. Kerja sama yang efektif antaranggota negara

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di KompetisiOnlineTerspektakuler dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjangJuara.comKompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda