4 Tip Belajar Geografi dengan Mudah

Dibuat oleh : Operator (348 hari yang lalu)

Geografi adalah mata pelajaran yang luas. Selain itu, pelajaran geografi juga mengingatkan kita bahwa banyak hal yang harus diingat dalam pelajaran ini. Itulah mengapa terkadang sulit dan sulit untuk mempelajari geografi. Di bawah ini adalah tips untuk membantu Anda mempelajari geografi dengan mudah 

Hubungkan dengan fenomena yang terjadi di sekitar
Geografi merupakan pelajaran yang sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena geografi pada hakekatnya adalah tentang alam sekitar kita, baik fisik maupun sosial. Cobalah untuk mengetahui fenomena yang ada dan mengaitkannya dengan materi geografi yang dipelajari. Misalnya saat ada acara TV tentang gempa bumi di daerah tersebut. Jika gempa diklasifikasikan sebagai gempa tektonik, coba cari tahu apa yang menyebabkan gempa tersebut. Dengan menghubungkan langsung subjek dengan fenomena yang ada, Anda akan lebih mudah memahami dan mengingat konten geografis tertentu. 

Gunakan banyak referensi
Cara lain untuk mempelajari geografi adalah dengan membangkitkan kecintaan pada mata pelajaran tersebut. Jika Anda menyukai satu pelajaran itu, otomatis Anda akan bersemangat untuk mempelajarinya. Cara mengembangkan kecintaan terhadap pelajaran yang satu ini adalah dengan mengetahui manfaat belajar. Ini juga dapat membangkitkan rasa ingin tahu Anda tentang materi, mengarahkan Anda untuk mempelajarinya lebih dalam. 

Aturlah tujuan belajar Anda. 
Pendekatan yang Anda ambil akan ditentukan dengan tujuan pembelajaran Anda. Jika Anda hanya ingin mengetahui lebih banyak seputar dunia atau meningkatkan kemampuan untuk kuis di bar seputar geografi, usaha yang diperlukan cenderung sedikit. Jika Anda berencana untuk menjelajahi beberapa negara dan Anda harus tahu jalan menuju ke negara tersebut, atau jika Anda ketiduran di sepanjang kelas geografi dan harus bersiap-siap sebelum ujian akhir, usaha yang Anda butuhkan mungkin lebih besar.

  • Tanyakan kepada diri sendiri tentang apa yang ingin diraih dengan belajar, dan biarkan jawaban atas pertanyaan tersebut menjadi pedoman bagi pendekatan Anda terhadap mata pelajaran tersebut.
  • Sebagai contoh, jika Anda berencana untuk menjelajahi Eropa sebagai seorang “backpacker”, Anda harus berfokus pada daerah yang akan Anda kunjungi dan mempelajari budaya, mata uang, dan mungkin bahasa di setiap daerah.

Ubah cara Anda belajar 
Jika masih sulit mempelajari topik ini sendirian, Anda dapat mencari teman sekelompok dan belajar bersama melalui diskusi. Hal ini membuat materi yang sulit menjadi lebih mudah dipahami. 

 

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di Kompetisi Online Terspektakuler dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjangJuara.comKompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda