4 Cara Untuk Mencegah Tuberkulosis

Dibuat oleh : Operator (422 hari yang lalu)

Bertepatan dengan hari tuberkulosis sedunia yang jatuh pada tanggal 24 maret. Apakah kalian sudah tau cukup jauh tentang tuberkulosis atau TBC. Tuberkulosis ini sangatlah berbahaya, maka dari ada baik untuk melakukan upaya atau cara untuk mencegah.

Berikut ini ada empat caranya :

Tingkatkan sistem imun
Pentingnya untuk meningkatkan sistem imun. Sistem imun tersebut dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga rutin berolahraga. Sistem imun yang baik mendukung kalian terhindar dari berbagai macam penyakit-penyakit, termasuk juga bakteri penyebab TBC.

Diagnosis sejak dini
Pencegahan penyebaran TBC akan efektif jika dilaksanakan diagnosis dan juga pengobatan sejak kecil. Seseorang dengan penyakit TBC bisa menularkan bakteri kepada 10 sampai 15 orang setiap tahunnya. Dapat kalian bayangkan bagaimana penyebarannya jika tak dilaksanakan pengobatan.

Menjaga lingkungan tempat tinggal
TBC merupakan penyakit yang menular melewati udara ketika penderita TBC bersin / batuk. Risiko infeksi dapat dikurangi dengan membuat sistem sirkulasi udara yang baik. Bakteri TBC bisa mengendap lebih lama dalam rumah jikalau sistem ventilasi tak baik.

Pemeberian vaksin BCG
Vaksin Bacillus Calmette-Guerin atau BCG efektif buat mencegah TBC hingga seseorang berumur 35 tahun. Efektivitas BCG dapat meningkat jika tak ada pengidap TBC di sekitar lingkungan tempat tinggal kalian. Vaksin tersebut pertama kali dikembangkan pada tahun 1920 an dan juga paling banyak dipakai buat memvaksin hampir 80% bayi yang baru lahir di seluruh dunia.

Baca juga : Pentingnya Menanam Pohon 

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda