Pentingnya Perilaku Sopan Santun

Dibuat oleh : Operator (453 hari yang lalu)

Pentingnya Perilaku Sopan Santun

Sopan santun merupakan istilah dari bahasa Jawa yang memiliki arti yaitu sebagai sikap seseorang yang menjunjung tinggi akan nilai menghargai, menghormati, berakhlak mulia serta menghargai.

Sopan santun dapat dianggap sebagai sebuah norma yang tidak tertulis dengan mengatur bagaimana yang seharusnya seseorang bersikap ataupun berperilaku.

Sopan santun ini berasal dari dua kata yaitu sopan dan santun yang digabungkan menjadi kata yang majemuk. Pada  KBBI, sopan santun memiliki arti sebagai sopan yaitu hormat dengan tidak lazim tertib dengan berdasar pada budi pekerti yang baik ataupun dapat dikatakan sebagai cerminan kognitif.

Sementara santun yang berartikan makna halus serta baik budi bahasa serta tingkah lakunya, sopan, tenang juga sabar. Atau dapat dikatakan sebagai cerminan psikomotorik yaitu penerapan pengetahuan sopan pada suatu tindakan.

Jika dilihat dari asal katanya, sopan santun dapat diartikan sebagai peraturan hidup yang terjadi dikarenakan hasil pergaulan sekelompok orang pada masyarakat yang dianggap sebagai tuntutan pergaulan keseharian masyarakat tersebut.

Penerapan pada sopan santun yang pada umumnya akan mendatangkan beberapa manfaat untuk kehidupan manusia, seperti:

1. Menciptakan sebuah kehidupan yang aman, damai dan juga tenteram.
2. Memperkuat jalinan kerukunan yang sudah dibentuk selama ini.
3. Memperkecil timbulnya konflik terhadap lingkungan masyarakat.
4. Mempermudah pergaulan di dalam masyarakat.
5. Memperkuat jalinan kerukunan yang telah terbentuk selama ini serta dengan bertingkah laku sopan hingga kerukunan bisa terjalin dengan erat

Itulah mengapa pentingnya sopan santun di lingkungan manapun. Karena sebuah kesopanan amatlah penting dalam kehidupan sehari hari.

Baca juga Kenali 4 Metode Public Speaking
 

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda