Menarik !! 5 Tips Lancar Public Speaking

Dibuat oleh : Operator (468 hari yang lalu)

Public speaking sangatlah pentingnya untuk dipelajari dan diterapkan karena dengan public speaking kita dapat berkomunikasi dengan lancar di depan banyak orang misalnya presentasi, berpidato dan juga masih banyak lagi. Nah simak beberapa tips lancar public speaking dibawah ini.

Berikut ini beberapa cara atau tipsnya :

Janganlah langsung berbicara ketika baru tampil 
Namamu dipanggil dan kamu pun mulai melangkahkan kaki ke hadapan para audience. Pada saat inilah umumnya kegugupanmu mulai muncul, bahkan sampai gemetar / berkeringat. Janganlah langsung berbicara buat menutupi kegugupanmu saat berjalan ke depan penonton. Melainkan, cobalah jalan perlahan dan juga diam sejenak untuk tarik nafas serta berdiam sejenak di depan sebelum kalian mulai berbicara.

Berbicara secara perlahan
Mudah untuk siapa pun yang merasa gugup dalam berbicara terlalu cepat dan juga malah melewati poin-poin penting yang ingin diungkapkan. Akhirnya, informasi yang disampaikan malah tak jelas dan juga sulit dipahami oleh para audience. Cobalah latih diri dalam berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas. Berhenti sejenak buat tarik nafas bila terlalu gugup, dan juga lanjutkan kembali presentasi.

Jagalah kontak mata dengan para audience
Kontak mata adalah salah satu hal yang penting diperhatikan ketika melakukan public speaking. Bila belum terbiasa dan juga gugup untuk memandang audience tepat di mata, cobalah alihkan pandangan ke bagian dahi  / batang hidung. Kemudian, upayakan untuk pandanganmu tak terus-terusan beralih dari satu sisi ke sisi yang lain.

Bersikap cuek kepada haters
Satu hal tentu yang butuh kalian ketahui ialah kalian tak dapat mengubah pendapat dan juga pandangan seluruh orang mengenai dirimu / ide-idemu. Tentu akan selalu ada orang yang tak setuju dan juga tak suka dengan apa yang kalian sampaikan.

Fokus untuk memberi
Pembicara yang melakukan presentasi semata-mata cuma untuk terkenal / memaksa audience setuju dengan ide-idenya justru membuat penonton tak memperhatikan mereka. kalian harus dapat memberikan nilai baru dan juga inspirasi, bukan cuma berbicara demi mendapatkan pengikut / ketenaran.
 

Baca juga : Menariknya Seorang yang Independen!!

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda