Memahami 4 Fungsi Dari Kanban dan Penjelasannya

Dibuat oleh : Operator (513 hari yang lalu)

Memahami 4 Fungsi Dari Kanban dan Penjelasannya. Kanban adalah arti dari suatu istilah bahasa dari negara Jepang yang berartikan visual atau kart. Perusahaan yang menerapkan atau mengembangkan metode ini akan membuat suatu kerja sama tim menjadi lebih mudah dalam melakukan komunikasi pekerjaan apa saja yang harus dilakukan dalam waktu tertentu dalam pelaksaannya.

Kali ini kita akan membahas tentang fungsi dari metode kanban yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan ternama.

Fungsi Kanban

Fungsi Kanban adalah sebagai jadwal untuk mengatur adanya pergerakan bahan peristiwa yang ada di dalam sistem produksi agar bisa melaksanakan dengan waktu yang tepat. Umumnya ada empat fungsi kanban, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Alat Instruksi dan Pengangkutan

Fungsi kanban adalah menjadi alat instruksi kerja yang mampu mengatur kinerja tentang kapan,apa,dimana,dan bagaimana komponen atau soal bahan komponen dan bahan yang diproduksi serta diangkut.

2. Menjadikan Sebuah Alat Pengendali Secara Visual

Fungsi yang kedua adalah memonitoring akurasi, lokasi, dan juga arus dari komponen ataupun barang. Operatoe atau orang yang terlibat di dalam proses produksi dapat memahami dengan adanya informasi yang tertuju di dalam kanban hanya dengan melihat secara langsung.

3. Alat Untuk Proses Kaizen

Menjadikan salah satu alat kontrol visual, dengan jumlah yang banyak atau tidak terbatas, maka dari itu jumlah kanban tidak bisa disarankan untuk terlalu banyak dalam penggunaanya karena bisa meningkatkan tingkat persediaan yang lebih banyak lagi. Dengan cara memeriksa bahan komponen sesering mungkin untuk diperbaiki secara terus-menerus.

4. Sebagai Bahan Penyesuaian Perubahan

Kanban akan berfungsi sebagai alat penyesuaian bila ada kesalahan pada saat ada perubahan dalam sistem atau proses produksi berlangsung.

BACA PEMBAHASAN SEBELUMNYA MENGENAI TENTANG KANBAN DISAMPING INI: Kanban Punya Peranan Penting

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda