Simak Kelebihan dan Kekurangan dari Metode Agile

Dibuat oleh : Operator (465 hari yang lalu)

Simak Kelebihan dan Kekurangan dari Metode Agile

Supaya kalian bisa mengenal metode agile lebih baik lagi, berikut ini merupakan penjelasan singkat dari kelebihan serta kekurangan daei agile yang perlu kalian ketahui.

Kelebihan metode agile

Kelebihan metode ini diantaranya yaitu menekan biaya produksi serta peka terhadap suatu perubahan.

1. Menekan biaya produksi

Salah satu jenis dari agile yaitu lean software development, memunculkan produk akhir yang sederhana serta pengembangan berbasis pasar. Produk rintisan hanyalah memuat fitur dasar sebagai awalan dari fitur-fitur lain pada produk.

Walaupun riskan dikarenakan kesederhanaannya, namun konsumen yang merasa terbantu dengan produk tersebut akan dengan senang hati untuk mengikuti perkembangannya.

2. Peka pada perubahan

Segala perubahan dari konstruktif akan mendapatkan tempat saat penyempurnaan dari produk. Produk yang mempunyai versi rintisan, artinya perusahaan berusaha untuk memenuhi kekurangan di versi yang sebelumnya.

Kemampuan beradaptasi pada perubahan ini yang kemudian akan menjadi kelebihan utama pada penerapan agile.

Kekurangan metode agile

Jika semua memiliki sebuah kelebihan, sudah hukum alam jika ada pula kekurangannya. Dan berikut ini merupakan kekurangan dari agile.

1. Jangkauan kerja yang bisa berubah-ubah

Keluwesan pada agile pada saat beradaptasi pada perubahan yang memungkinkan tim akan berganti scope kerja setiap saat. Hal tersebut berakibat pada ketidakjelasan, terlebih jika arahannya juga kurang spesifik. Oleh sebab itu, pengaturan kerja serta arahan yang jelas diperlukan oleh perusahaan saat menerapkan agile pada proses pengembangan produknya.

2. Ketidakpastian waktu berakhirnya proyek

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, agile memberikan ruang untuk masukan-masukan pengembangan, dari sinilah terciptanya pelonggaran waktu yang bisa terjadi secara berterusan.

Meskipun pada beberapa jenis agile kita mendapat kan fakta bahwa tenggat waktu ditentukan dengan tepat, namun perubahan tidak terduga bisa jadi akan terjadi kapan saja dikarenakan sifat agile yang adaptif kepada perubahan.

Baca juga Mengenal Fungsi Topologi Hybrid dan Macamnya
 

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda